Telepon kartu , fasilitas umum yang mulai terlupakan diera perkembangan zaman

Telepon kartu , fasilitas umum yang mulai terlupakan diera perkembangan zaman

Mungkin kita semua pernah mendengar, menemukan dan bahkan dahulu pernah sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Fasilitas umum ini yang dahulu kala merupakan penolong kita semua, bahkan mungkin hampir setiap hari kita memerlukannya untuk membantu mempermudah kehidupan kita sehari-hari.
Dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat beberapa fasilitas umum sudah mulai terlupakan, tidak bisa disangkal lagi, percepatan tumbuhnya teknologi dengan sendirinya menenggelamkan fungsi dari beberapa fasilitas yang mungkin di era 60 sampai 90 an masih merupakan fasilitas sangat sering digunakan,

contoh: Misal nya handphone, semenjak kemunculannya diawal tahun 2000, perlahan dan pasti produk teknologi tersebut sudah mulai menggeser fungsi fungsi seperti kantor pos, kotak bis surat, telepon koin, pager dan lain lain, tidak hanya dimasalah komunikasi, disarana transportasi juga seperti itu

Bisa kita lihat dibeberapa sudut kota besar, fasilitas seperti kota bis surat, telepon koin/kartu sudah ditinggal begitu saja, entah masih ada yang meggunakan atau tidak.

Sekarang , saya sebagai admin akan memberikan contoh kita beberapa fasilitas tersebut yang sudah mulai dilupakan .

1. Telepon Umum Koin
Hampir disetiap daerah perumahan terdapat fasilitas ini. Ya, telepon umum koin. Ciri khasnya yg berwarna biru ini hampir dapat kita temui disetiap sudut perumahan & jalanan.
Banyak trik waktu itu yang pernah beredar, bahkan dulu saya pernah mengakali telepon koin dengan cara melobangi uang koin 100 rupiah dan mengikatnya dengan benang, caranya bagitu mekanik koin akan menarik uang koin serta merta koin ditarik secepatnya dan dilepaskan kembali agar duduk didudukan mekanik telepon koin, alhasil kita bisa melakuan telepon berlama-lama, saya sendiri tidak begitu tahu tekniknya tapi dari apa yang saya lihat seperti itu yang dilakukan agar bisa menelpon sepuasnya, beda dengan saat ini cukup menggunakan kartu handphone yang sejenis kita sudah bisa melakukan telpon sepuasnya, bahkan ada yang gratis .

2. Telepon Umum Kartu
Tidak berbeda jauh dengan telepon umum yang menggunakan koin. Telepon umum kartu juga biasa kita temukan bersebelahan dengan telepon umum koin, biasanya paling banyak ditemukan di ‘halte’ telepon umum yang didalamnya terdapat Telepon Umum Koin dan Kartu.

3. Bis Surat
Fasilitas ini merupakan salah satu bagian dari jaringan surat menyurat yang dibina oleh kantor Pos. Dengan bis surat, proses pendistribusian surat dapat menjadi lebih mudah dan meyebar, sehingga memudahkan petugas pos dalam mengirim & menyampaikan surat-surat kepada pengguna jasa pos tersebut.

4. Halte
Halte-halte bis sekarang tidak lagi di fungsikan seperti layaknya fungsi sebenarnya. Banyak sekali halte-halte sekarang digunakan sebagai tempat PKL berjualan, tempat berdagang makanan, bahkan dijadikan tempat tinggal bagi pengemis & pemulung. Mengingat zaman sekarang banyak sekali bus-bus dalam kota tidak lagi pada aturannya, yaitu memberhentikan & mengangkut penumpang pada tempatnya, yaitu halte.

5. Wartel
Mungkin masih banyak wartel yang beroperasi di sudut-sudut keramaian, tetapi jika kita lihat keadaannya, kurang lebih sama seperti fasilitas diatas. Hari ini, perlahan-lahan keberadaan wartel mulai terancam seperti pendahulunya yaitu, telepon umum dan kartu. Banyaknya Mobile Phone yang sekarang berharga jauh dari rata-rata merupakan salah satu penyebab pudarnya eksistensi dari wartel. Tetapi wartel tidak sepenuhnya hilang dan tidak berguna, ada dimana kita dalam keadaan terdesak dan sangat membutuhkan fasilitas ini, contohnya, apabila Battery HP kita habis dan kita sedang ditunggu oleh orang yang akan menjemput kita yg tempatnya sama sekali kita tidak ketahui, mau menghubungi tidak bisa karena battery HP kosong, lantas apa yang pertama kita cari? Pasti WarTel. Atau kalo agan berani dan nggak gengsi, ya minjem HP orang tuk menghubungi rekan / saudara Anda .

Jadi , bagaimana menurut kalian tentang hal ini ??? Tragis juga ._.

SUMBER

Telepon umum koin

Telepon umum koin

Telepon kartu

Telepon kartu

Bis surat

Bis surat

Halte yang sudah tidak terawat

Halte yang sudah tidak terawat

Wartel

Wartel

Posted from WordPress for BlackBerry. Selamat membaca ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s