Fitur chatting pada situs jejaring sosial Facebook telah beberapa kali dimanfaatkan sebagai media penyebaran virus.

Kali ini ditemukan sebuah virus baru yang memakai metode penularan serupa.

Virus ini dilabeli sebagai Steck.Evl oleh penemunya, Trend Micro. Untuk menyebarkan diri, virus tersebut memunculkan jendela chat pop-up yang berisi link ke sebuah situs yang tampaknya tidak berbahaya.

Begitu pengguna yang tak curiga mengklik link tersebut, virus pun beraksi dan otomatis menginfeksi komputer yang dipakai.

Saat berada di komputer, si virus menonaktifkan dan membuang program antivirus yang ada. “Dia menghentikan proses atau servis program yang terkait dengan aplikasi antimalware,” kata sumber Trend Micro seperti dikutip dari Daily Mail.

Kemudian, virus mengulangi metode penyebarannya dengan menampilkan diri di window chat dari orang-orang yang terdaftar sebagai teman dalam akun Facebook pengguna. 

“Virus worm ini menyebarkan diri lewat aplikasi instant messaging dan jejaring sosial,” kata Trend Micro. “Dia mengirim link palsu lewat window chat yang sebenarnya berisi perintah untuk  men-download virus ke komputer pengguna.”

Setelah berhasil mengeliminasi program yang mengancam dirinya, virus akan men-download program-program lain untuk mendukung aktivitasnya di komputer yang terinfeksi.

Metode penyebaran virus ini sebenarnya bukan barang baru. Cara serupa telah diterapkan virus-virus terdahulu dalam mencari korban. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terinfeksi virus, sebaiknya pengguna Facebook mencurigai dan menghindari link yang dikirim lewat jendela obrolan

SUMBER

Posted from WordPress for BlackBerry. Selamat membaca ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s